Jalur RPL - Sekolah Vokasi

Penerimaan Mahasiswa Baru Universitas Logistik dan Bisnis Internasional 2022-2023 melalui Jalur Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL)

Sekolah Vokasi Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (SV-ULBI) kembali membuka pendaftaran mahasiswa baru melalui jalur pendidikan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL) pada tahun akademik 2022/2023. RPL adalah pengakuan atas Capaian Pembelajaran seseorang yang diperoleh dari pendidikan formal atau nonformal atau informal, dan/atau pengalaman kerja ke dalam pendidikan formal (Permendikbudristek nomor 41/2021 tentang RPL). Melalui jalur RPL, calon mahasiswa dapat melanjutkan pendidikan formal pada jenjang yang lebih tinggi dan tidak perlu mengambil keseluruhan mata kuliah untuk mendapatkan ijazah, dikarenakan sebagian mata kuliah dapat memperoleh pengakuan kredit berdasarkan pengalaman kerjanya atau berdasarkan pendidikan formal/nonformal/informal yang relevan yang telah ditempuh sebelumnya. Pengakuan sebagian mata kuliah tersebut dilakukan melalui tahap asesmen yang dilakukan oleh asesor.

Sekolah Vokasi Universitas Logistik dan Bisnis Internasional (SV-ULBI) telah mendapatkan ijin penyelenggaraan RPL dari Kemendikbud ristekdikti melalui surat penugasan Kemenristek Dikti nomor: 792/B2/TU/2018 tanggal 14 September 2018 tentang penyelenggaraan Rekognisi Pembelajaran Lampau (RPL). Penugasan ini diberikan dalam rangka kebutuhan peningkatan keterjangkauan dan keterjaminan akses memperoleh pendidikan tinggi sebagaimana diamanatkan dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional dan Undang-Undang Nomor 12 Tahun 2012 tentang Pendidikan Tinggi.

Keunggulan Kuliah melalui jalur RPL:

  1. Pengalaman dan kompetensi kerja calon mahasiswa diakui (direkognisi) sebagai raihan SKS matakuliah dengan cara asesmen portofolio, sehingga sisa SKS mata kuliah saja yang ditempuh dalam perkuliahan.
  2. Waktu tempuh pendidikan singkat karena mahasiswa hanya menyelesaikan sisa SKS mata kuliah (untuk program D3 ± 1 tahun, dan program S1 TERAPAN ± 1,5tahun).
  3. Waktu kerja tidak terganggu karena pembelajaran dilakukan mulai pukul 17.00 – 21.00 WIB dari hari Senin s.d Jumat dengan sistem ONLINE (Pembelajaran Jarak Jauh) serta semua materi perkuliahan disajikan pada E-Learning ULBI. 
  4. Total biaya kuliah yang lebih murah dari kelas reguler dan dapat dicicil per bulan.
Program Studi Penyelenggara RPL
Saat ini terdapat 4 program studi yang dapat menjalankan program RPL yaitu:

1. Program Studi S1 Terapan Logistik BisnisAkreditasi B
Lulusan memiliki kompetensi dalam Supply Chain Management, Freight Fowarding, Export-Import, Warehousing, Transportation, Procurement, dan National Disaster Management Agency.
2. Program Studi S1 Terapan Teknik InformatikaAkreditasi B
Lulusan memiliki kompetensi dalam Design Computer Networks of Wireless & Wireline, Make Software, Database, Multimedia, dan Mobile Programming
3. Program Studi S1 Terapan AkuntansiAkreditasi B
Lulusan memiliki kompetensi dalam Preparation Financial Statements Based on PSAK/IFRS, Preparation Standard Audit Working Paper, Cost Accounting, Budgeting Analysis dan Computer Based Accounting
4. Program Studi S1 Terapan Manajemen BisnisAkreditasi B
Lulusan memiliki kompetensi dalam Design Message Marketing Communication, Preparation of Business Plan, Sales Operation, Operation Service, Marketing Plan, dan The Creator and Developer of Business Consultant.

Persyaratan Calon Mahasiswa Jalur RPL

Kriteria mahasiswa calon peserta Program Ahli Madya dan Program Sarjana Terapan RPL:

  1. Lulus pendidikan SMA/Sederajat, D1, D2, D3, atau pernah kuliah.
  2. Sudah bekerja di industri baik di sektor, swasta, BUMN dan pemerintah minimal 2 tahun masa kerja.
  3. Melakukan pendaftaran, serta melampirkan KTP, Ijazah terakhir, surat keterangan bekerja, surat keterangan sehat, dan SK pengangkatan pertama sebagai pegawai.
  4. Melampirkan berkas Asesmen:
    • Legalisir Ijazah dan Transkrip Nilai atau Nilai Raport SMA/SMK atau sederajat.
    • Portofolio (pengalaman kerja/proyek, sertifikat keahlian, pelatihan, penghargaan, seminar/workshop, keanggotaan di asosiasi profesi, CV, bukti produk kerja, dan dokumen lain yang relevan).

Sistem Pembelajaran

Pendidikan pada Vokasi yang memberikan kemampuan hard skills dan soft skills yang berimbang dengan didasari kompetensi praktik yang kuat. Maka metode pembelajaran untuk Program Ahli Madya dan Program Sarjana Terapan dilakukan melalui proses pembelajaran terstruktur dengan komposisi praktek 60% dan teori 40%.

Metode Perkuliahan

  1. Tatap muka, dilaksanakan pada kuliah perdana.
  2. Online Learning, diskusi dan chatting pada Learning Management System (LMS) dilakukan sesuai jadwal kuliah dari Senin - Jumat pada pukul 17.00 - 21.00 WIB. LMS memuat content: modul teori, modul praktik/praktikum, tutorial online, film yang relevan, ebook, chat, quiz, dan assignment.

Perkuliahan dilaksanakan 16 minggu termasuk UTS dan UAS dalam 1 semesternya, UTS dan UAS dapat dilakukan secara online. Jadwal perkuliahan diberikan setelah calon mahasiswa resmi diterima sebagai mahasiswa RPL Politeknik Pos Indonesia. Untuk mata kuliah tugas akhir atau skripsi mahasiswa dapat mengajukan topik setelah seluruh mata kuliah dinyatakan lulus. Bimbingan tugas akhir dapat dilakukan secara online dan tatap muka.


Biaya Kuliah RPL

Pembiayaan program RPL terdiri dari beberapa komponen.  Dalam rangka merger Politeknik Pos Indonesia dengan Sekolah Tinggi Manajemen Logistik Indonesia menjadi Universitas Logistik dan Bisnis Internasional maka calon mahasiswa mendapatkan beasiswa dalam bentuk potongan biaya sebagaimana tertera pada tabel Biaya Kuliah RPL.

Tabel 1.  Biaya Kuliah RPL

NOKomponen Biaya KuliahBesaran BiayaBesaran Biaya yang Dibayarkan
1Pendaftaran (hanya kali di awal)Rp. 300.000,-Rp. 150.000,-
2Asesmen (hanya 1 kali di awal)Rp. 1.500.000,-Rp. 1.000.000,-
3Dana Pengembangan Pendidikan (DPP)Rp. 3.500.000,-Rp. 2.000.000,-
4Biaya Matakuliah per SKS per semesterRp. 300.000,-Rp. 200.000,-

Ketentuan Pembayaran:

  1. Biaya yang dibayarkan 1 kali di awal

a.      Pendaftaran (harus lunas)

b.      DPP (minimum pembayaran Rp. 1.000.000,-)

c.       Asesmen (harus lunas)


  1. SPP dapat dicicil selama 6 bulan, disesuaikan dengan jumlah matakuliah (SKS) yang diambil.

Penerimaan Mahasiswa Baru jalur RPL Semester Genap Tahun Akademik 2022/2023


KegiatanJadwal Pelaksanaan
Pendaftaran Peserta dan Self Assessment Online1 November 2022 - 12 Januari 2022
Asesmen di Program Studi13 - 20 Januari 2023
Pengumuman Hasil Asesmen21 Januari 2023
Her-registrasi Online23 - 31 Januari 2023
Awal Perkuliahan20 Februari 2023


Mekanisme Penerimaan Mahasiswa Baru (Maba) RPL

Intake calon mahasiswa baru RPL, minimal punya pengalaman kerja 2 tahun dan lulus pendidikan SMA/Sederajat atau lulusan D1, D2, D3, atau pernah kuliah (terdaftar di PdDikti) sebagaimana pada gambar1. Mekanisme Penerimaan Maba..

Gambar 1.  Mekanisme Penerimaan Maba


TESTIMONI ALUMNI:

Rian Syahriany Syam, S.Tr., Log (Alumni RPL Batch I Program S1 Terapan Logistik Bisnis)
“Saya sangat bersyukur diberi kesempatan untuk meneruskan kuliah di Program RPL D4 Logistik Bisnis. Tidak ada batasan waktu, jarak, dan usia untuk menambah ilmu. Ka.Prodi dan para dosen sangat membantu terutama dalam hal waktu pembelajaran sangat “disesuaikan dengan waktu luang di luar jam bekerja”

Budi Nurhamdani Azizi, S.Tr., Log (Alumni RPL Batch I Program S1 Terapan Logistik Bisnis)

“Kelas RPL sangat membantu para pekerja yang berkeinginan untuk melanjutkan studi. Dari segi biaya murah, kuliahnya mudah & waktu kuliah cukup flexible. Serta pekerjaan tetap bisa di-handle.

© ‧ Admission ULBI. All rights reserved.