ULBI bertujuan menciptakan siswa yang memiliki bakat dan kualitas unggul melalui kompetisi Olimpiade Matematika dan Bahasa Inggris.

Direktur Marketing dan Admisi ULBI Budi Prakoso, SE., MM (Foto:Dok.Renjana Pictures/Febri)

Sumber Berita: https://www.medcom.id/pendidikan/news-pendidikan/ybDY9VXk-gelar-olimpiade-matematika-dan-bahasa-inggris-ulbi-ingin-lahirkan-pelajar-berbakat-dan-berkualitas

ULBI akan menyelenggarakan Olimpiade Matematika dan Bahasa Inggris untuk siswa SMA dan SMK dengan tujuan menciptakan siswa berbakat dan berkualitas di Indonesia.

Menurut Budi Prakoso, SE., MM, Direktur Pemasaran dan Penerimaan Mahasiswa ULBI, Olimpiade ini diselenggarakan karena Matematika dan Bahasa Inggris adalah dua subjek dasar yang digunakan untuk menguji kemampuan para siswa.

"Jadi Olimpiade ini sudah kami buat dan akan dimulai November ini dan nanti finalnya pada Januari. Jadi ini memperebutkan Piala Wakil Menteri Kominfo. Tentunya dengan hadiah Piala Wakil Menteri Kominfo. Kemudian ada sertifikat dan tentunya ada hadiah dana pembinaan," ujar Budi Prakoso.

Olimpiade ini akan dimulai dari November 2023 hingga Januari 2024, dan ULBI mengundang siswa dari seluruh Indonesia untuk berpartisipasi.

"Jadi kami mengirimkan formulir ke sekolah-sekolah seluruh Indonesia. Nanti SMA-SMA yang menjadi peserta akan melakukan tes melalui dua pilihan, online dan offline. Kemudian, di bulan Januari awal, kami tetapkan yang masuk final. Nanti final diselenggarakan ULBI bulan Januari," sambungnya.

ULBI telah melakukan persiapan yang matang untuk Olimpiade Matematika dan Bahasa Inggris ini, termasuk persiapan dalam hal jumlah peserta dan dewan juri.

"Kami di ULBI sudah membentuk kepanitiaan. Tentunya peserta ini kita harapkan animo dari sekolah ini cukup tinggi. Karena memang ini ajang untuk kita mencari talent-talent terbaik dari SMA ini," kata Budi.

Menurut Budi, ULBI berharap lebih dari seribu peserta akan berpartisipasi dalam olimpiade tersebut.

"Kami telah mengirimkan undangan ke seluruh sekolah menengah di Indonesia, dari Sabang hingga Merauke. Awalnya, kami menargetkan antara 4 ribu hingga 5 ribu siswa SMA. Namun, kami akan melihat perkembangannya mengingat batas pendaftaran hingga tanggal 10 Desember. Jadi, kita masih menunggu perkembangan selanjutnya," katanya.

Budi Prakoso juga mengatakan bahwa para siswa berbakat yang muncul dari olimpiade ini memiliki peluang untuk menerima program beasiswa dan ikatan dinas dari ULBI, yang kemungkinan besar akan memungkinkan mereka untuk bekerja di PT Pos Indonesia.

"Itu adalah kemungkinan yang sangat terbuka. Karena kami akan mengidentifikasi bakat terbaik, dan mereka bisa mendapatkan beasiswa di ULBI. Bahkan tidak menutup kemungkinan mereka akan terpilih dalam program Pos ID atau Pos Ikatan Dinas, yang berarti mereka memiliki peluang besar untuk menjadi karyawan PT Pos Indonesia," jelasnya.

Untuk diketahui, PT Pos Indonesia (Persero) telah mulai melakukan seleksi karyawan melalui Program beasiswa Ikatan Dinas (PosID) khusus untuk mahasiswa Politeknik Pos Indonesia (Poltekpos) Intake Diploma-III(D3) dan Diploma-IV(D4).
 
Pada program ini, mahasiswa yang lolos seleksi akan diberikan beasiswa untuk 2 semester akhir dan langsung direkrut untuk menjadi karyawan di PT Pos Indonesia.
 
ULBI juga terdapat program beasiswa, di mana pada jalur penerimaan mahasiswa baru bisa mendapatkan bantuan biaya pendidikan berupa beasiswa penuh maupun khusus.
Program Beasiswa yang ada di ULBI, antara lain:
 
- Beasiswa ULBI (Beasiswa Khusus berupa Potongan Biaya Kuliah Secara Penuh/Khusus).
- Beasiswa PT Pos Indonesia (Beasiswa dan Rekrutmen Kerja).
- Beasiswa YPBPI (Beasiswa langsung untuk mahasiswa aktif).
- Beasiswa Aperti BUMN (Beasiswa Penuh hingga lulus).
- Beasiswa KIP Kuliah Merdeka (Beasiswa penuh hingga lulus dari Pemerintah).
- Beasiswa Jabar Leader (Program beasiswa dari Pemerintahan Provinsi Jawa Barat).

Dalam mendukung program pemerintah untuk memberikan bantuan pendidikan, setiap kampus saat ini menawarkan KIP kuliah kepada calon mahasiswa baru. ULBI, sebagai bagian dari upaya peningkatan pelayanan terbaik bagi pelajar, juga turut serta dalam inisiatif ini.

Program KIP Kuliah ini bertujuan untuk memberikan bantuan pendidikan kepada siswa lulusan SMA, SMK, dan sejenisnya dari keluarga yang memiliki keterbatasan finansial, sehingga mereka dapat melanjutkan pendidikan ke jenjang universitas atau akademi.

ULBI merupakan hasil merger antara Politeknik Pos Indonesia (POLTEKSOS) dan Sekolah Manajemen Logistik Indonesia (STIMLOG) pada bulan Mei 2022. Universitas ini merupakan perguruan tinggi pertama di Indonesia yang memiliki fokus dalam bidang ilmu logistik, manajemen rantai pasok, e-commerce, dan bisnis.



© ‧ Admission ULBI. All rights reserved.

Template Blogger Indonesia